Counseling and Humanities Review
Vol 3, No 1 (2023): Counseling and Humanities Review

Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa sekolah menengah atas

Farhan Arif Rahman (Universitas Negeri Padang)
Herman Nirwana (Universitas Negeri Padang)
Lisa Putriani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dukungan sosial teman sebaya siswa, (2) kematangan emosi siswa, (3) menguji hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa dan implikasinya dalam layanan BK. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 1093 siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar pada Semester Januari-Juni Tahun Ajaran 2023 dengan sampel sebanyak 293 siswa yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Instrumen Dukungan Sosial Teman Sebaya” dan “Instrumen Kematangan Emosi Siswa”. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi, (2) kematangan emosi siswa berada pada kategori tinggi, (3) dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa dengan koefisien korelasi 0,608 dan taraf siginifikansi 0,000.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...