Kompetensi
Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Kompetensi

Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pencernaan (Kupen) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPA Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar

Diana Nur Septiyawati Putri (Universitas Negeri Jakarta)
Otib Satibi Hidayat (Universitas Negeri Jakarta)
Uswatun Hasanah (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai studi awal pengumpulan informasi dalam rangka analisis kebutuhan untuk merancang draft media pembelajaran Kartu Kuartet Pencernaan (Kupen) IPA berbasis PBL. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan analisis kebutuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model rancangan R&D ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian ini juga dilakukan pada siswa kelas V SDN Pisangan Baru 09, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur. Sampel penelitian ini diambil dari guru wali kelas yang mengajar dan siswa kelas 5C di SDN Pisangan Baru 09. Teknik pengambilan sampel data dilakukan dengan observasi, wawancara, pengisian angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Pisangan Baru 09 yang melibatkan 22 siswa serta guru wali kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru sangat membutuhkan media pembelajaran lain seperti kartu kuartet pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia berbasis PBL yang mampu menunjang atau memfasilitasi siswa untuk dapat menangkap materi dan juga memahami materi yang dijelaskan dalam proses pembelajaran berlangsung.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...