Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam
Vol 3 No 02 (2023): Volume 03 Nomor 02 Maret 2023

Efektivitas Kinerja Pengawas Pai Pada Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai

Salmah Salmah (Unknown)
Muh Syukri (Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai)
Madalle Agil (Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai)
Rahmatullah Rahmatullah (Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kinerja pengawas PAI pada tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai meliputi (1) Gambaran kinerja pengawas PAI, (2). Gambaran efektivitas kinerja Pengawas PAI, (3) Faktor Pendukung danPenghambat Kinerja Pengawas PAI, (4) upaya peningkatan kinerja pengawas PAI. Metode yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, sumber data terdiri data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data dilaksanakan melalui tahapan; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kinerja pengawas PAI pada tingkat Sekolah dasar di kecamatan Sinjai Selatan kabupaten Sinjai terdiri dari faktor motivasi, kemampuan dan ketepatan penugasan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas kinerja pengawas PAI pada tingkat Sekolah dasar di kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai tersebut kurang efektif, dan perlu dimaksimalkan hal ini dapat dilihat dari efektivitas kinerja yang dilakukan baik dari segi kualitas kerja, ketelitian kerja, ketepatan waktu kerja, dan hasil kerja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al-Ilmi: jurnal Riset Pendidikan Islam, adalah Jurnal yang dipelpopori oleh Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai yang dikelolah oleh Lembaga Peneltian dan Pengabdian ...