cover
Contact Name
Prima Mytra
Contact Email
jurnalalilmi91@gmail.com
Phone
+6285239211417
Journal Mail Official
mytraprima@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sultan Hasanuddin No. 20, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam
ISSN : 27765059     EISSN : 27751503     DOI : https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v2i2
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Ilmi: jurnal Riset Pendidikan Islam, adalah Jurnal yang dipelpopori oleh Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai yang dikelolah oleh Lembaga Peneltian dan Pengabdian Masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 39 Documents
TEACHER’S PROFESSIONALISM AND ITS IMPLICATION ON STUDENT’S LEARNING ACHIEVEMENT IN GORONTALO Muh. Arif; Munirah Munirah
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): Volume 01 Nomor 02 Maret 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1168.558 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i2.386

Abstract

This research investigated teacher professionalism in improving learning achievement at al-Falah Islamic Boarding School in Gorontalo. It can be seen from the planning of learning such us formulation of learning objectives, determination of evaluation tools, determination of learning activities, and determination of methods and learning tools. In the implementation of learning in the form of delivering learning material, learning methods, media or learning tools, and learning interactions. Furthermore, the learning assessment used by teachers is assignments or homework and daily tests. The result of this research was that teacher professionalism has positive implications for students' learning achievement at al-Falah Islamic Boarding School in Gorontalo.
PERBANDINGAN METODE CERAMAH DAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 SINJAI Rahmatiah Rahmatiah; Hardianto Rahman; Muhammad Anis
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.107 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi antara pesertadidik yang diajar dengan menggunakan metode ceramah dengan peserta didik yangdiajar dengan menggunakan metode Problem Solving. Dalam penelitian ini telahdilakukan uji normalitas, uji linearitas, uji validitas dan uji hipotesis data, danAL-Ilmi Jurnal Kajian Islam &Pendidikan 2Vol.01 No 01, 2020Volume 01 No 01 2020ISSN (print) : xxxx-xxxxISSN (online) : xxxx-xxxxHomepage : http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/aldiperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar pesertadidik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakanpendekatan nonequivalent control group design Data yang dikumpulkan dalampenelitian ini diperoleh dan digali dari data angket informanya itu peserta didikkelasXI MIPA I dengan jumlah sampel 32 orang dan XI MIPA 3 dengan jumlahsampel 29 orang. Hasil penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut: 1) Penerapanmetode ceramah pada peserta didik kelas XI MIPA 1 disimpulkan bahwa terjadipeningkatan motivasi belajar peserta didik selama dilakukannya tindakan. 2)Penerapan metode problem solving pada peserta didik kelas XI MIPA 3 disimpulkanterjadi peningkatan motivasi belajar berdasarkan data yang telah diuji selamatindakan. 3) Penerapan metode problem solving lebih tinggi daripada motivasibelajar peserta didik pada metode ceramah. Oleh karena nilai t hitung > t tabel(4,025 > 2,042) dan P value (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak, artinya bahwa adaperbedaan antara rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA I dan kelasXI MIPA 3. Pada table group statistic terlihat rata-rata (mean) untuk kelas XI MIPAI sebesar 69,50 dan rata-rata (mean) kelas XI MIPA 3 sebesar 77,14. Artinya bahwanilai rata-rata motivasi peserta didik yang diajar dengan metode problem solvinglebih tinggi daripada nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajardengan metode ceramah. Perbedaan rata-rata (mean) sebesar 7,65 (77,14 – 69,50)dan perbedaan berkisar antara 3,84.
PENGARUH IQ, EQ, DAN SQ TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SMK MUHAMMADIYAH BALANGNIPA KABUPATEN SINJAI Muhammad Alwi; Ismail Ismail; Fatmawati Fatmawati
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.678 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.402

Abstract

IQ, EQ, dan SQ adalah tiga komponen yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru untuk bisamengelola dirinya sebagai pendidik. Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dankecerdasan spiritual (SQ) adalah tiga komponen yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru untukbisa mengelola dirinya sebagai pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadapmotivasi mengajar guru di SMK Muhammadiyah Balangnipa Kabupaten Sinjai. Kecerdasanintelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) sangat mempengaruhikonsentrasi guru dalam mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey denganmenggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 29 orang dan adapun yang menjadisampel penelitian ini sebanyak 29 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dariangket yang diberikan kepada guru di SMK Muhammadiyah Balangnipa Kabupaten Sinjai.Pengolahan data memakai teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda dengan tarafsignifikan 95% dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 20 for Windows. Penelitian inimenunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasanspiritual (SQ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi mengajar guru di SMKMuhammadiyah Balangnipa Kabupaten Sinjai. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil analisismenggunakan IBM SPSS 20 for Windows, pada tabel Anova dengan nilai f-hitung secara bersamasama antara kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ)terhadap motivasi mengajar guru adalah 4,816 ≥ F-tabel 2,99. Nilai Signifikansi ketiga variabelindependen ini adalah 0,009 ≤ 0,05. Juga dibuktikan pada tabel Model Summary dengan melihatnilai R Square sebesar 0,366 atau 36,6%.
IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN LABUAJA Nurliana Nurliana; Muhammad Syukri; Madelle Agil
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.964 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan implementasi model supervisiklinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional guru Agama.Penelitian ini mengambil lokasi di MI Ar-Rahman Labuaja, Kabupaten Bone. Jenis penelitiankualitatif, dengan pendekatan fenomenologis dan deskreptif naturalistik, teknik pengumpulan datamelalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedang teknik analisa data dengan teknik Miles danHuberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan implementasi supervisi klinis sudah cukup baik, terbuktitindakan riil yang dilakukan pengawas secara sistematis dan terprogram, sudah melaksanakan sikluspendahuluan, observasi dan siklus balikan dengan baik; 2) hambatan yang dihadapi antara lain jumlahpengawas tidak seimbang dengan jumlah guru dan sekolah, asumsi guru, letak geografis, saranaprasarana, waktu, biaya, dan kebijakan pemerintah. Upaya tindak lanjut yang dilakukan pengawasdengan membangun pola hubungan kolega, menciptakan sistim kolaborasi dengan kepala sekolah danguru, memperbaiki asumsi guru, penyusunan jadwal secara sistimatis, memanfaatkan sarana prasaranadengan baik (3) implementasi supervisi klinis benar-benar dapat meningkatkan kompetensi pedagogikGuru Agama terlihat dari beberapa fakta perubahan pada guru semakin kreatif menyusun perencanaandan pelaksanaan serta laporan mengajar berbasis ICT. Hasil pengujian hipotesis tersebutmembenarkan bahwa ada pengaruh Implementasi Supervisi Klinis terhadap Kompetensi PedagogikGuru Agama pada tabel 4.11 uji hipotesis dengan Coefficientsa, dapat dinilai 0,000 < 0,05, inimenandakan bahwa H1 diterima dan Hₒ ditolak artinya koefisien pengaruh
PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KABUPATEN SINJAI Firman Firman; Muh. Judrah; Fatmawati
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.047 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial dan gayakepemimpinan demokratis terhadap peningkatan mutu pendidikan pada MIN di kabupaten Sinjai.Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji asumsi yang dilakukanadalah uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regersi sederhana. Hasilpenelitian, (1) variabel kompetensi manajerial kepala madrasah berpengaruh terhadap peningkatanmutu pendidikan madrasah sebesar 83,4%, dan sisanya sebesar 16,6% disebabkan oleh faktor laindiluar model regresi. (2 Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah berpengaruh terhadappeningkatan mutu pendidikan madrasah sebesar 63,9%, dan sisanya sebesar 36,1% disebabkan olehfaktor lain diluar model regresi. (3) Komptensi manajerial dan Gaya kepemimpinan demokratiskepala madrasah pada MIN di kabupaten Sinjai terhadap peningkatan mutu pendidikan, memperolehrata-rata 4,18. Hal ini menunjukkan sinerginya kompetensi manajerial dan gaya kepemimpinandemokratis kepala madrasah dan ditunjukkan oleh indikator standar proses yang merupakan kinciutama program pembelajaran. Kedua variabel berpengaruh positif terhadap peningkatan mutupendidikan di madrasah.
PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI MENGGUNAKAN APLIKASI SEDERHANA VERSI GAJAH MADA UNTUK MENINGKATKAN SNP DI SMA NEGERI 21 MAKASSAR Madelle Agil; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.145 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.405

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu Sekolah dalam meningkatkan atau pemberdayaan sumber dayauntuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) lebih khusus lagi untuk mencapai akreditasiSekolah semaksimal mungkin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah. PTSadalah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti di sekolah untuk membuat peneliti lebihprofesional terhadap pekerjaannya, memperbaiki praktik-praktik kerja, dan melakukaninovasi sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan terapan (professional knowledge).Pendekatan penelitian yaitu naturalistik-kualitatif, subjeknya sekolah yang ditentukan secarapurposive yaitu SMAN 21 Makassar, peneliti bersifat insider (partisipatif) dengan hipotesis denganaplikasi sederhana versi Gajah Mada SMAN 21 Makassar dapat meningkatkan SNP sekolahnya.Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan selama 1 tahun melalui proses dan hasil yangdiperoleh sekolah.sementara analisis data dilakukan dengan reduksi, paparan dan simpulanHasil penelitian menunjukkan Aplikasi Gajah Mada dapat meningkatkan hasil SNP SMAN 21Makassar. Dari datapun hasil pemanfaatan aplikasi ini terbukti sangat membantu tugas Pengawas,Kepala Sekolah dan Tim Penjaminan mutu sekolah terutama pemetaan 8 SNP sebagai upayameningkatkan pemenuhan mutu pendidikan. Hasil analisis dan rekomendasi dari aplikasi telahdimanfaatkan kepala sekolah untuk membuat program sekolah dengan skala prioritas. Hasil analisispemantauan 8 SNP menunjukkan adanya peningkatan pemenuhan standar dari terakreditasi A (90)tahun 2014 menjadi terakreditasi A (94,35) di tahun 2019.Penilaian Kinerja Guru terbukti sangat membantu Pengawas dan Kepala Sekolah dalammemetakan kompetensi kinerja guru binaanya. Sejak tahun 2017 SMA Negeri 21 Makassar telahmemanfaatkan Aplikasi Penilaian Kinerja. Semua guru telah dinilai secara formatif sebagai langkahawal pembinaan dan pada akhir tahun dinilai secara sumatif. Hasli penilaian kinerja guru merupakannilai kredit guru pada unsur pembelajaran. Selanjutnya hasil penilaian kinerja guru dimanfaatkan olehguru dan kepala sekolah sebagai nilai capaian angka kredit tahunan. Penilaian kinerja yang dilakukansecara benar menjadi motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya sehingga standar proses akanmeningkat secara signifikan.Kesimpulannya bahwa pemanfaatan aplikasi berbasis microsoft excel versi gajah mada terbuktisangat membantu sekolah mengembangkan tata kelola sekolah. Pada akhir tahun 2019 diharapkanSMA Negeri 21 Makassar dapat meningkatkan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan.Akreditasi SMA Negeri 21 Makassar meningkat dari nilai 90 dengan predikat terakrteditasi Amenjadi 94, 35 dengan predikat terakreditasi A tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan. Rekomendasitulisan ini: pertama, aplikasi pemantauan 8 standar nasional pendidikan harus dikembangkan lagi dandirevisi sesuai dengan peraturan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan. Saat ini menggunakanPerangkat akreditasi SMA/MA tahun 2017 berdasarkan Keputusan Kepala Balitbang KemendikbudNo. 4 /H/AK/2017. Kedua, aplikasi penilaian hasil belajar siswa harus direvisi ulang berdasarkan54 peraturan yang berlaku yaitu Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar olehSatuan Pendidikan.
STRATEGI DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X SMA NEGERI 2 SINJAI Nofaris Manti; Hardianto Rahman; Burhanuddin Burhanuddin
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.411 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kreativitas yang dilakukan oleh guru matapelajaran PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada kelas X SMA Negeri 2 Sinjai.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistic.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan pencatatan dokumen. Hasilpenelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, 1) Strategi yang dilakukan guru dalam prosespembelajaran mampu mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik, hal tersebut dapatdiketahui dari perolehan hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tes pertamadan tes kedua. Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik adalah pencapaian hasil belajaryang rendah atau Under Achiever dan lambat dalam belajar atau Slow Rearner. strategi yangdilakukan guru adalah melakukan pengumpulan data, pengolahan data, diagnosa, prognosa,treatmen dan evaluasi terhadap kesulitan belajar peserta didik. 2) Kreativitas yang dilakukan olehguru merupakan lanjutan dari strategi yang telah ditetapkan berupa, penerapan metodepembelajaran yang variatif, pelaksanaan kompetisi belajar, pemberian penghargaan, motivasi danapresiasi serta memberikan, penugasan
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSEPEKTIF PAULO FREIRE Jamaluddin Jamaluddin
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.172 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.409

Abstract

Indonesia adalah salah satu Negara multikultural terbesar di dunia. Kebenaran daripernyataan ini dapat dilihat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang begituberagam dan luas. Keragaman ini, diakui atau tidak diakui, akan dapat menimbulkanberbgai persoalan seperti yang sekarang di hadapi bangsa ini. Korupsi, kolusi,nepotisme, premanisme, perseteruan politik, kemiskinan, kekerasan, dan hilanya rasakemanusiaan untuk selalu menghormati hak-hak orang lain, adalah bentuk nyatasebagai bagian dari multukulturalisme itu. Konsep pendidikan yang ditawarkan olehPaulo Freire bahwa pendidikan multicultural dapat diterapkan dengan kesadaranyang dimiliki oleh masyarakat baik kesadaran magis, kesadaran naïf dan kesadarankritis. Paulo Freire juga berpandangan bahwa pendidikan secara umum yang ingindiberikan ke public tidak hanya mencakup ruang kelas saja, kendatipun ia mengertipentinya aktivitas diruang kelas untuk reproduksi dan trasformasi. Ia menekankanbahwa tehnik pendidikan baru akan menciptakan sekolah atau masyarakat yang samasekali baru. Pemikiran Paulo Freire banyak mengkritik tentang pendidikan yang tidakkritis, yakni pendidikan yang diarahkan untuk penjinakan dan penyesuaian rakyatdengan kondisi yang menindas. Sistem penindasan yang dilegitimasi oleh pendidikanmenurut Freire terlihat sangat jelas dalam ruang kelas, di mana guru melihat muridsebagai kertas putih kosong yang harus diisi dengan ilmu pengetahuan. Penulis jugaberanggapan bahwa Freire menghubungkan pendidikan dengan masalah sosiopolitik,karena praktik pendidikan selalu memiliki implikasi sosial. Kebijakan dan praktikpendidikan dapat mengabadikan ketertutupan dan ketidakadilan atau membantu kitamembangun kondisi-kondisi untuk transformasi sosial
HUBUNGAN KINERJA KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DAN PELATIHAN GURU TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR GURU KELAS DI MIN 4 SINJAI SELATAN Ilyas Ilyas; Muhammad Syukri; Madelle Agil
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.304 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i1.410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja kelompok kerja gurudan pelatihan guru terhadap kompetensi mengajar guru kelas di MIN 4 SinjaiSelatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmanahubungan kinerja kelompok kerja guru terhadap kompetensi mengajar guru,hubungan pelatihan guru terhadap kompetensi mengajar guru dan hubungan kinerjakelompok kerja guru dan pelatihan guru secara bersama-sama terhadap kompetensimengajar guru. Untuk memperoleh data di lapangan dilakukan dengan angket yaitucara yang dilakukan untuk memperoleh respon guru kelas mengenai kelompok kerjaguru dan pelatihan guru. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa kinerjakelompok kerja guru dan pelatihan guru mempunyai hubungan yang kuat terhadapkompetensi mengajar guru kelas di MIN 4 Sinjai Selatan, hasil ini dibuktikan dengandata yang telah dianalisis.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK Masna intan Masna; Fatmawati Fatmawati; Hardianto Rahman
Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): Volume 01 Nomor 02 Maret 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (992.476 KB) | DOI: 10.47435/al-ilmi.v1i2.534

Abstract

Mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran tematik, proses pembelajaran tematik dan juga evaluasi pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data di dalam penelitian ini di lakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Seluruh data yang telah di peroleh di analisis kemudian di sajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) desain pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik yang dilakukan oleh guru di MIN 3 Sinjai adalah dengan memetakan dahulu kompetensi dasar dengan menetapkan tema apa yang akan dibahas dan menjabarkannya ke dalam indikator, kemudian menyusun silabus dan disusun menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), untuk pembuatan RPP masih dibuat di Kelompok Kerja Guru (KKG). 2) pelaksanaan pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik menekankan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga pelaksanaan pembelajaran menyeimbangkan teori dan praktiknya. Selain itu setiap pembelajaran tematik diselipkan keterampilan-keterampilan untuk lebih menggali kreatifitas peserta didik dan pertumbuhan nilai-nilai karakter. 3) evaluasi pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik menggunakan berbagai macam variasi, mulai dari catatan buku kendali maupun melalui pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh guru. Evaluasi pembelajaran di sekolah ini setiap guru mempunyai buku catatan atau buku kendali yang fungsinya untuk mengetahui perkembangan pengetahuan dan perilaku anak, perilaku terhadap orang di sekitarnya, dan perilaku dalam hal belajar. 4) karakter peserta didik yang terbentuk melalui pembelajaran tematik bisa di lihat dari kebiasaan siswa dalam mengikuti shalat Zduhur berjamaah, pelaksanaan upacara bendera tiap hari senin, pelaksanaan senam setiap hari jumat dan juga kerja bakti yang dilakukan sekali dalam seminggu.

Page 1 of 4 | Total Record : 39