JPLED
Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah Berbasis Digital Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Padang Panjang

Diviona Carolina (Unknown)
Rusdinal Rusdinal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang peneliti temui di sekolah terkait persepsi guru terhadap kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah yang ada di SMA Negeri Kota Padang Panjang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri Kota Padang Panjang yang berjumlah 162 orang. Instrument yang digunakan adalah angket model skala likert yang telah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabelitasnya. Hasilnya 45 item angket valid serta instrument penelitian dinyatakan reliabel. Data diolah menggunakan rumus mean (rata – rata). Hasil pengolahan data diperoleh skor rata–rata pelaksana urusan administrasi kepegawaian  yaitu 4,37, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi keuangan 4,52, skor rata–rata pelaksana urusan admnistrasi sarana dan prasarana  yaitu 4,08, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi hubungan sekolah dan masyarakat yaitu 4,12, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi persuratan dan pengarsipan yaitu 4,29, skor rata–rata pelaksana  urusan administrasi kesiswaan yaitu 4,31, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi kurikulum yaitu 4,14. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan persepsi guru terhadap kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMA Negeri Kota Padang Panjang sudah mampu dilaksanakan dengan skor rata–rata 4,22.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...