Penelitian bertujuan untuk merancang game edukasi untuk peningkatan kemampuan siswa dalam memahami atau mengingat nama-nama buah dalam bahasa Inggris dengan menerapkan Algoritma Fisher Yates. Penelitian ini menerapkan Metode Waterfall dengan tahapan analisys, design, implementation, testing, dan maintenance. Penelitian ini menghasilkan aplikasi game edukasi puzzle huruf untuk pengenalan nama buah dalam bahasa Inggris yang berbasis Android dengan menerapkan Algoritma Fisher Yates untuk pengacakan indeks buah. Pengujian pada penelitian ini menggunakan pengujian Black box yang mana semua fitur yang ada pada game berhasil dijalankan. Pengujian selanjutnya menghitung rata-rata nilai pre-test dan post-test dengan hasil diperoleh dari pengujian pre test dan post-test didapatkan nilai rata-rata siswa dalam mengerjakan post-test lebih besar dari pre-test yaitu nilai rata-rata siswa dalam mengerjakan post-test yaitu 92,1 sedangkan nilai rata-rata siswa dalam mengerjakan pre-test yaitu 75. Oleh karena itu, untuk persentase tingkat kenaikan nilai siswa dalam mengerjakan pre-test dan post-test yaitu 22%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini dapat membantu siswa dalam mengingat nama-nama buah dalam bahasa Inggris.
Copyrights © 2022