Jurnal Inovatif Wira Wacana
Vol 1 No 3 (2022): Desember 2022

Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Kambera Berbasis Android

Angalica Lidia Rambu Nipa (Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Fajar Hariadi (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Raynesta M. I. Malo (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)



Article Info

Publish Date
13 May 2023

Abstract

Bahasa Kambera adalah salah satu bahasa daerah yang perlu dilestarikan di Indonesia. Upaya pelestarian bahasa daerah perlu dimulai dari anak-anak sekolah dasar. Namun, anak-anak yang bersekolah di kota jarang menggunakan bahasa daerah dan cenderung menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian mereka. Alternatif yang baik bagi anak-anak untuk belajar mengenal bahasa daerah yaitu dengan membuat sebuah game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan game edukasi pengenalan nama hewan dalam bahasa Kambera berbasis Android. Software yang digunakan dalam pembuatan game adalah Unity dengan bahasa pemrograman C#. Metode pengembangan game yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall meliputi 5 tahap yaitu analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Berdasarkan hasil pengujian black box game edukasi dapat dijalankan sesuai yang diharapkan dan hasil pengujian pre-test dan post-test terhadap siswa diperoleh nilai pre-test 62 dan nilai post-test 91,5 dengan persentase kenaikan nilai siswa 47,6%. Untuk menguji kelayakan game ini digunakan metode System Usability Scale (SUS) dan memperoleh skor 83 dengan adjective ratings mendapat nilai excellent dan grade scale masuk dalam kategori B.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Ruang lingkup Jurnal Informatics Networks Optimization Versatility Algorithm Teknik Informatika Wira Wacana (Jurnal INOVATIF WIRA WACANA): Teknologi Informasi (Information Technology), Sistem Informasi (Information Systems), Sistem Informasi Geografis (Geo Information System), Sistem Komputer dan ...