Phinisi Integration Review
Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA DAN WARGA SEKOLAH SISWA KELAS III SDN 105 PINRANG

Abdul Hakim (Universitas Negeri Makassar)
Hasnah Hasnah (Universitas Negeri Makassar)
Andi Anugrah Apriyana (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes  of class III students. This study aims to determine the application of cooperative learning model types make a match to improve the learning process about rights and obligations as family members and school members of class III students at SDN 105 Pinrang, and to find out that the application of the type cooperative learning model make a match can improve achievement about rights and obligations as family members and citizens of class III students at SDN 105 Pinrang. The approach used is a qualitative approach and the type of research used is classroom action research. The subjects of this study were class III students for the 2022/2023 school year, with a total of 30 students, consisting of 15 boys and 15 girls at SDN 105 Pinrang. Data collection techniques used in this study are observation, testing and documentation. The data analysis technique used is data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The research was carried out in two cycles. In cycle I, the results of research on the learning process were in sufficient qualification, with learning outcomes also in sufficient qualification. Whereas in cycle II the results of this study in the learning process were in good qualifications with learning outcomes also in good qualificationsPermasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan proses belajar tentang hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah  siswa kelas III SDN 105 Pinrang, dan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar tentang hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah  siswa kelas III SDN 105 Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan di SDN 105 Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup dengan hasil belajar juga berada pada kualifikasi cukup. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian ini pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik dengan hasil belajar juga pada kualifikasi baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...