Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 8 No 1 (2023): JANUARI

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM LAYANAN ANAK USIA DINI HOLISTIK-INTEGRATIF DI TK AL-MUKHLIS GARUT

Ujang Rahmat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Achmad Hufad (Universitas Pendidikan Indonesia)
Jajat S. Ardiwinata (Universitas Pendidikan Indonesia)
Babang Robandi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk partisipasi orang tua dalam mewujudkan pengembangan anak usia dini holistik integratif di TK Al Mukhlis Kabupaten Garut serta faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian di TK Al-Mukhlis Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Subjek penelitian orang tua, kepala sekolah dan guru di lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakak reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PAUD Holistik Integratif yang dilaksanakan sudah sesuai Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 Tentang PAUD Holistik Integratif dengan bentuk layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan dan olahraga; 2) Partisipasi orang tua dalam mewujudkan pengembangan anak usia dini holistik integratif sudah optimal, ditinjau dari pengambilan keputusan, orang tua aktif menghadiri rapat dan memberikan gagasan. Partisipasi orang tua dalam tahapan pelaksanaan diwujudkan dalam bentuk partisipasi tenaga dalam keterlibatannya pada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan Satuan PAUD. Bentuk partisipasi dalam pengambilan manfaat berkontribusi positif dalam menciptakan komunikasi antara sekolah dengan orang tua. Bentuk partisipasi dalam kegiatan evaluasi yaitu keterlibatan orang tua dalam kehadiran rapat rutin awal dan akhir semester; 3) Faktor pendukung partisipasi orang tua yakni terdapatnya kesediaan orang tua untuk aktif terlibat dan terjalinnya komunikasi antara sekolah dengan orang tua, sedangkan faktor penghambat, yakni kesibukan orang tua dan rendahnya pemahaman orang tua untuk turut serta membantu mewujudkan optimalisasi perkembangan aspek anak usia dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...