Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi
Vol 6, No 2 (2023): Juni

Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Muhammad Wahyu Setiyadi (STKIP Al AMin Dompu)
Rizka Awaluddin (STKIP Al Amin Dompu)
Mujiono Sang Putra (STKIP AL Amin Dompu)
Jumiati Hidayah (STKIP AL Amin Dompu)
Susilo Suherman (STKIP AL Amin Dompu)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Abstract:  This type of research is quasi-experimental. The purpose of this study was to determine how the influence of active knowledge sharing learning strategies on student learning outcomes. The instrument used in this study is a learning outcome test. Data collection is carried out by giving post-test questions after learning. Descriptive and inferential statistics were used in the analysis of data from this study. The results of this study obtained the average score of the control class was 77.89 while the average score in the experimental class was 84.11. The results of the independent sample t-test used to test the hypothesis obtained a sig value (2 tailed) 0.002 < 0.05, thus there is a significant influence of active knowledge sharing learning strategies on student learning outcomes.Abstrak: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan memberi soal post-tes setelah pembelajaran. Statistik deskriptif dan inferensial digunakan dalam analisis data dari penelitian ini. Hasil penelitian ini didapatkan nilai rata-rata dari kelas kontrol sebesar 77,89 sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 84,11. Hasil independent sample t-test yang digunakan untuk menguji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,002 < 0.05, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023