Pendekatan komunikatifmerupakanpendekatan yang berlandaskan pada pemikiranbahwakemampuanmenggunakanbahasadalamberkomunikasimerupakantujuan yang harusdicapaidalampembelajaranbahasa. Jadi pembelajaran yang komunikatifadalahpembelajaranbahasa yang memungkinkanpesertadidikmemilikikesempatan yang memadaiuntukmengembangkankebahasaan dan menunjukkandalamkegiatanberbahasabaikkegiatanproduktifmaupunreseptifsesuaidengansituasinyata, bukansituasibuatan yang terlepasdarikonteksTujuan dalampenelitianiniadalahpenerapan strategi pembelajaran yang menarikdapatmeningkatkan dan mengembangkansituasi dan kondisipembelajarankhususnyadalammateri Bahasa Indonesia sehinggameningkatnyaproduktivitasmahasiswadalammenulis.Metode penelitanmerupakanpenelitiantindakankelas (PTK), makaprosedurpenelitianinisesuaidenganprosedurpenelitiantindakankelas yang dilakukandalam proses berdaur/ siklus. Setiapsiklusterdiridariperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil daripenelitianiniadalahSetelahdilakukantesawalterhadapmahasiswa semester 2V PGSD UMNAW, ternyatadiperolehhasil 3300 bahwakemampuanmahasiswadalammenulismenunjukkanhanya3 mahasiswa yangmampu (berhasil) A.dan 5 mahasiswadengannilaiB. Hal inimenunjukkanbahwatarafkemampuanmahasiswadalammenulisadalah 82,5 masihtergolongBaik. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenelitianiniadalah pada tesawalmahasiswamemiliki total jumlah 2675 dengannilai rata – rata 66 permahasiswainitermasukdalamkategoricukup, sedangakan pada siklus 1 mendapatkan total penilaian 3162 dengan rata – rata nilai 81 permahasiswa di kategori Baik sedangkansiklus II adapeningkatan yang di lihatdimana total jumlah 3300 dengan rata – rata 82,5maka dapat di simpulkanbahwasudah di kategori  Baik.
Copyrights © 2023