Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 4 No 1 (2023): Article in Press

Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak di Kabupaten Polewali Mandar

Andi Mujaddidah Alwi (Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad Makassar)
Muhammad Arsyam (Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad Makassar)
Muh Nurkhalish Syam (Politeknik Pariwisata Makassar)
Ismail Suardi Wekke (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Makassar)
Hasan (Universitas Negeri Makassar)
Umar Sulaiman (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan dampak kurikulum merdeka sekolah penggerak di Kabupaten Polewali Mandar?. Penelitian ini memiliki jenis penelitian penelitian kualitatif berbasis lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Adapun sumber data penelitian berupa data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu; reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Implementasi kurikulum merdeka pada sekolah penggerak adalah penerapan kurikulum sebagai pedoman untuk menyelesaikan pelajaran yang diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kedudukan kurikulum dalam pendidikan adalah sebagai suatu struktur yang dibangun untuk mentransmisikan peristiwa-peristiwa masa lalu kepada generasi berikutnya untuk dilestarikan, diteruskan atau dikembangkan, Secara umum bahwa dampak sekolah-sekolah pelaksana Kurikulum Merdeka secara mandiri di Kabupaten Polewali Mandar telah berusaha secara maksimal untuk dapat melakukan proses belajar secara mandiri melalui platform Merdeka Mengajar. Implikasi di beberapa sekolah masih ditemui tantangan dan kendala antara lain berkaitan dengan tiga hal, yaitu kemampuan SDM guru, ketersediaan sarana TIK yang terbatas dan kesulitan akses jaringan internet. Hal ini perlu dilakukan agar karena sangat berdampak pada efektivitas proses belajar mengajar dan prestasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aujpsi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan ...