cover
Contact Name
-
Contact Email
staiddimakassar@gmail.com
Phone
+6285299775325
Journal Mail Official
staiddimakassar@gmail.com
Editorial Address
Sultan Alauddin
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
ISSN : 27457796     EISSN : 28097459     DOI : 10.55623
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan Keislaman-Keindonesiaan yang membawa pengaruh terhadap kondisi kehidupan umat manusia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
Penggolongan Ahlul Kitab dalam Al-Qur’an Abdul Syakur; Muhammad Yusuf
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1116.861 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i1.1

Abstract

Penggunaan istilah Ahlul Kitab dalam Al-Qur’an begitu banyak. Ternyata jika dirunut berdasarkan konteks turunnya, dimana istilah tersebut berdiri, dan juga pengistilahannya memiliki beberapa pengertian. Oleh karena itu, artikel ini berusaha memetakan penggolongan Ahlul Kitab, serta bagaimana Al-Qur’an mengajarkan cara memperlakukan masing-masing golongan tersebut.
Al Jabariyah dan Al-Qadariyah; Pengertian, Latar Belakang Munculnya dan Pemikirannya Laessach M. Pakatuwo; Mawaddah
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.87 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i1.2

Abstract

Artikel ini membahas secara teologis gagasan Jabariyah dan Qadariyah dalam sejarah teologi Islam. Dalam perkembangan dan pertentangan keduanya. Jabariyah dan Qadariyah memiliki latarbelakang berdinya tentunya merujuk pada tafsir dalil-dalil ajaran Islam. Keduanya memiliki pemikiran, dan cara-cara menjalani pemikirannya. Dari pertentangan keduanya, memantik pemikiran-pemikiran baru dalam dunia tafsir.
Konsep Dasar Pembelajaran Muhammad Yusuf; Amalia Syurgawi
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.759 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i1.3

Abstract

Artikel ini membahas konsep dasar pembelajaran. Pembelajaran merupakan interaksi antara peserta didik dan lingkungannya. Konsep ini memiliki beberapa pengertian, model, pendekatan, strategi, metode, Teknik dalam penerapannya.
Perang Salib; Sebab dan Dampak Terjadinya Perang Salib Muhammad Yusuf; Faridah
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.466 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i1.4

Abstract

Artikel ini membahas Perang terlama dan terbesar di millennium pertama masehi, yaitu Perang Salib. Dalam pembahasannya, penulis memetakan periodisasi perang Salib serta latarbelakang munculnya perang tersebut. Selanjutnya. Artikel ini mengulas dampak kepada kedua belah peradaban yang bertikai, serta dampak secara global akibat perang ini.
Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan Abdul Syakur; Muhammad Yusuf
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.598 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i1.5

Abstract

Artikel ini membahas Pendidikan Islam sebelum era kemerdekaan Indonesia. Pada masa ini diketahui bangsa Indonesia mengalami kolonialisasi oleh Belanda dan dilanjutkan oleh Jepang. Oleh karena itu artikel ini membahas Pendidikan Islam di masa kolonial Belanda. Setelah itu, walaupun merupakan periode seingkat, artikel ini membahas Pendidikan Islam periode pendudukan Jepang.
Islamisasi Ilmu Pengetahuan; Pengertian, Tujuan, Langkah, dan Pengaruh Haluddin; Syamsul Bahri
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.509 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i1.6

Abstract

Artikel ini mengulas Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Dari makalah ini diuraikan pengertian, tujuan, langkah-langkah, dan pengaruh islamisasi ilmu pengetahuan.
Sejarah Sosial Hukum Islam Dalam Al-Qur’an (Asba Bun Nuzul) Muhammad Rusli; Zakirah; Nursalam
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 2 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.249 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i2.7

Abstract

Ilmu asbabun nuzul menepati posisi vital dalam kajian  ‘Ulumul al-Qur’an. Asumsi dasar ini didasarkan pada setidak-tidaknya dua hal. Secara historis sebagian ayat- ayat al-Qur’an yang turun didahului oleh sebab-sebab tertentu. Dengan kata lain bahwa sebagian ayat-ayat al-Qur’an memiliki asbabun nuzuldan sebagian yang lain tidak.  Asbabun nuzul merupakan sebuah ilmu yang menunjukkan dan menyingkap hubungan dan dialektika antara teks dan realitas.
Kebijakan Sistem Administrasi Kemitraan Sekolah Terhadap Masyarakat Muhammad Arsyam; M. Yusri
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 2 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.424 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i2.8

Abstract

Penelitian berfokus untuk membahas dinamika kebijakan dan sistem administrasi yang menyentuh aspek kemitraan sekolah dalam memperoleh otonomi pengelolaan demi mewujudkan sekolah yang terampil dan tetap mengedepankan aspek kemanusiaan dalam pengelolaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kendala administrasi pengelolaan yang menghambat efektifitas pengelolaan kemitraan.
Kedudukan Dakwah dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Syamsul Bahri; Besse Hadijah Abbas
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 2 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.228 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i2.9

Abstract

Agama Islam adalah agama yang sangat memperhatikan penegakan Dakwah, Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar. Dakwah, Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar merupakan pilar dasar dari pilar-pilar akhlak yang mulia lagi agung. Kewajiban menegakkan ketiga hal itu adalah merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa ditawar bagi siapa saja yang mempunyai kekuatan dan kemampuan melakukannya. Kegiatan amar ma’ruf nahi munkar sering di sebut sebagai kegiatan dakwah islamiyah.
Sejarah dan latarbelakang Lahirnya Ilmu Kalam Laessach M. Pakatuwo
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 2 (2020): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.531 KB) | DOI: 10.55623/au.v1i2.10

Abstract

Artikel ini membahas sejarah dan latarbelakang lahirnya Ilmu Kalam. Setelah wafatnya Nabi Muhammad saw, banyak permasalahan ummat dijawab melalui tafsir-tafsir yang dibuat oleh Sahabat, yang tentunya tidak tunggal. Artikel ini dimulai dari konflik Sahabat Ali dan Utsman yang awalnya merupakan konflik politik lalu merembes ke isu teologi.