Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 7, No 1 (2023)

Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD

Rizki Lestari (IAIN Palangka Raya)
Jasiah Jasiah (Unknown)
Setria Utama Rizal (Unknown)
Nur Inayah Syar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi pada materi permasalahan lingkungan mengancam kehidupan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Angket diberikan kepada ahli media, ahli materi, wali kelas dan observer. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahap define peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik dan analisis materi. Tahap kedua Design, perancangan draft awal media dalam bentuk storyboard. Tahap ketiga Development, produk yang dihasilkan berupa video animasi dengan hasil validasi ahli materi pada tahap akhir diperoleh persentase kevalidan sebesar 91,36% dengan kriteria “sangat valid” dan hasil validasi pada ahli media pada tahap akhir diperoleh persentase kevalidan sebesar 93,75% dengan kriteria “sangat valid”. Respon guru mendapatkan penilaian 94,16% pada katagori ”Sangat Baik” dan uji coba peserta didik sebanyak 23 peserta didik mendapatkan skor 90% pada katagori ”Sangat Baik”. Sehingga dapat dinyatakan peserta didik merasa senang dan tertarik. Terakhir Dessiminate, video animasi yang dihasilkan bisa diunduh di Drive atau Flashdisk peneliti dan disebarkan dalam bentuk CD secara terbatas kepada guru di SDN 2 Pahandut.Kata kunci: powerpoint, pengembangan media, video animasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...