Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberi dampak signifikan terhadap keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, pandemi juga mendatangkan peluang kepada pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai support sytem bagi usahanya. Al Haadziq Team merupakan UMKM yang bergerak di bidang penjualan produk perawatan kulit. Selama ini, promosi dan transaksi penjualan produknya dilakukan melalui media sosial yaitu aplikasi WhatsApp. Untuk memperluas jangkauan pemasaran, pada kegiatan ini dirancang dan dibangun sebuah sistem e-commerce berbasis web yang diharapkan dapat menjadi media pemasaran yang strategis. Metode pelaksanaan diawali dengan analisis persoalan, pembuatan dan pengujian website. Analisis situasi dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada pengguna. Selanjutnya, dilakukan rancang bangun aplikasi web dengan fitur-fitur antara lain manajemen katalog dan pemesanan produk. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa web e-commerce telah sesuai dengan pengguna.
Copyrights © 2023