Jurnal Didaktika Dwija Indria
Vol 11, No 1 (2023): Didaktika Dwija Indria

Peran orang tua dalam kesiapan belajar peserta didik kelas I selama pembelajaran daring

Rusyda Nur Rahmawati (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Sri Marmoah (Universitas Sebelas Maret)
Hadiyah Hadiyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap kesiapan siswa kelas I pada pembelajaran daring di SD Djama'atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas 1A SD Djama'atul Ichwan Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validasi yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam kesiapan belajar siswa kelas I selama pembelajaran daring. Indikator kesiapan belajar siswa adalah kondisi fisik, kondisi mental, kondisi emosional, pengetahuan, kebutuhan, dan motivasi. Kesimpulannya, peran orang tua dalam membentuk kesiapan belajar siswa adalah sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, dan pengawas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JDDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini membahas tentang hal-hal yang terkait dengan bidang Ke SD an. Beberapa hal yang menjadi bahan kajian dalam jurnal ini yakni metode pembelajaran, model pembelajaran, Teknologi pembelajaran, media pembelajaran, majanemen sekolah, bahan ajar sekolah ...