Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 2, No 2 (2022)

MODEL LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN CYBER COUNSELING DALAM PERKEMBANGAN PEMILIHAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 5 SUNGAI LILIN

Risca Alvina Yuliani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Fifi Yasmi (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Joni Adison (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang memilih karir yang tidak sesuai dengan minat dan bakat sehingga membuat mereka tidak bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1)perkembangan pemilihan karir peserta didik kelas IX di SMP sebelum diberi perlakuan. 2) perkembangan karir setelah peserta didik kelas IX di SMP diberi perlakuan. 3) Pengaruh penggunaan model informasi dengan menggunakan media konseling cyber (google sites) terhadap perkembangan pemilihan peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Sungai Lilin.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan menggunakan rancangan “Pretest Posttest Control Group Desain ”. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu menggunakan sampling purposive dengan 58 peseta didik yang dibagi dalam kelompok kontrol 29 peserta didik dan 29 peserta didik kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan uji t.  Hasil penelitian ini menemukan: 1) Pada pre-tes sebelum diberi perlakuan layanan informasi rata-rata kelas eksperimen sebesar 58.59 dan pada kelas kontrol sebesar 59.09. 2) Setelah diberi perlakuan layanan informasi menggunakan media konseling cyber (google sites) kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang diperoleh 70,27 dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata yang diperoleh 59,64. 3) Terdapat pengaruh layanan positif informasi menggunakan mediakonseling cyber (google sites) terhadap perkembangan pemilihan karir siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Sungai Lilin. Penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK agar menggunakan media cyber konseling (google sites) untuk layanan informasi. Studi di latar belakang adalah bahwa pelajar memilih jalur karir yang tidak diinginkan dan bakat yang membuat mereka enggan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) gambaran tentang bagaimana seleksi max-class carrier yang berkembang di SMP sebelum dirawat. 2) gambaran perkembangan seleksi karir pendidikan kelas VII SMP pasca perlakuan. 3) mempengaruhi penggunaan model layanan informasi dengan menggunakan cyber konseling (situs Google) terhadap perkembangan pemilihan karir kelas ix di SMP Negeri VII Lilin. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang digunakan dalam desain penelitian dengan menggunakan desain “pretest posttest control group design”. Teknik ekstraksi sampel MENGGUNAKAN sampel yang digunakan untuk penelitian menggunakan sampel prosthesis dengan 58 sampel yang dipelajari dibagi menjadi kelompok kontrol 29 siswa dan 29 siswa peserta kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil temuan: 1) pre-test sebelum perlakuan pelayanan informasi rata-rata 58,59 dan kelas kontrol 59. 2) setelah mendapat perlakuan layanan informasi menggunakan cyber konseling (situs Google) kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 70,27 dan pada kelas kontrol rata-rata skor yang diperoleh 59,64. 3) ada pengaruh positif layanan informasi menggunakan cyber konseling (situs Google) terhadap perkembangan pemilihan karir kelas ix di sekolah negeri 5 sungai lilin. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...