SOSEARCH : Social Science Educational Research
Vol 3 No 2 (2023)

Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS

Bimantoro Arif Wicaksono (Universitas Negeri Surabaya)
Kusnul Khotimah (Universitas Negeri Surabaya)
Nuansa Bayu Segara (Universitas Negeri Surabaya)
Hendri Prastiyono (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi yang ada di ekosistem Mangrove Center Tuban kemudian dimanfaatkan sebagai sumber belajar pendidikan lingkungan bahari dalam pembelajaran IPS. Seiring dengan melimpahnya manfaat yang terkandung dalam mangrove, dengan tujuan khusus sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik terkait pentingnya melestarikan alam dan peduli terhadap lingkungan mangrove. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk menilai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kajian IPS (Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi) banyak ditemukan potensi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS di Mangrove Center Tuban. Luaran dalam penelitian sebagai rekomendasi sumber belajar berupa RPP/Modul Ajar dan E-LKPD berbantu live worksheet.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sosearch

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

SOSEARCH : Social Science Educational Research merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan IPS FISH Unesa, Surabaya yang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Guru IPS (FKG-IPS) Nasional dengan ISSN 2774-2776 (Media Online). Adapun fokus dan ruang lingkup jurnal ...