Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)
SEMNASTEK UISU 2021

IMPLEMENTASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA KAPASITAS 200 WP DENGAN SISTEM SOLAR CHARGER PADA BEBAN KIPAS ANGIN

Noorly Evalina (Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapt. Muchtar Basri No.3 Medan)
Faisal Irsan Pasaribu (Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapt. Muchtar Basri No.3 Medan)
A. Abdul Azis H (Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapt. Muchtar Basri No.3 Medan)
Ryan Dimas Ivana (Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapt. Muchtar Basri No.3 Medan)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Kebutuhan akan energi listrik semakin meningkat seiring pertumbuhan kemajuan dibidang sektor seperti ekonomi, industri dan berbagai bidang lainya. Energi listrik yang umumnya menggunakan bahan bakar konvesional seperti minyak bumi dan batubara menyebabkan ketersedianya di alam semakin menipis. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang tidak akan pernah habis bersumber dari alam seperti Matahari. Agar dapat memanfaatkan energi tersebut digunakan sel surya yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik. Besarnya energi surya yang dapat dikonversikan bergantung pada luas sel surya yang digunakan. Daya serap sel surya ini dapat dioptimal ketika panel tegak lurus kearah cahaya matahari. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas 200 Wp dengan sisterm solar charger, mampu untuk memenuhi kebutuhan beban listrik ketika diubah menjadi tegangan 220 VAC, diujikan dengan menggunakan beban kipas angin,  faktor kerja rata-rata yang didapat ialah 0,8, ketahanan baterai yang dipakai selama 4,5 jam, Alat ini diharapkan dapat menjadi energi baru yang dapat memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Engineering

Description

SEMNASTEK UISU memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu bidang teknik. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Teknik Sipil Teknik Mesin Teknik Elektro Teknik Informatika Teknik Arsitektur Teknik Industri. Dan topik lainnya yang relevan dengan Ilmu ...