EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 12, No 1 (2023)

Analisis Kualitas Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sabilul Huda Cirebon

Firdha Anisa Nuraini (IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)
Wahyudin Wahyudin (IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)
Hasan Saefuloh (IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Buku teks merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Sampai saat ini, Buku merupakan sumber pendidikan yang paling banyak digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. keberhasilan penggunaan buku teks dalam pendidikan ditentukan oleh kualitas buku teks yang baik. Buku ajar yang berkualitas menurut BSNP harus memenuhi empat unsur kelayakan, yaitu kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi buku teks bahasa arab kelas IV karya agus wahyudi yang digunakan di SDIT Sabilul Huda Cirebon, untuk mengetahui standar kualitas buku teks Bahasa Arab kelas IV karya Agus Wahyudi berdasarkan Standar Mutu Kekhasan SDIT, untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian buku teks Bahasa Arab kelas IV karya Agus Wahyudi dengan Standar Mutu Kekhasan Sdit, dan untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian buku teks Bahasa Arab kelas IV karya Agus Wahyudi menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). pendekatan yang digunakan adalah kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) sebagai alat untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ibtikar

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The EL-IBTIKAR Journal focuses on the theme and topic of Arabic teaching, Arabic linguistics and literature, including: 1) Methodology of Arabic teaching for non-native speakers. 2) Arabic Morphology and Syntax. 3) Teaching for Arabic Competences. 4) Strategy for teaching and learning Arabic for ...