Pentingnya nilai-nilai dalam kehidupan dan interaksi sosial, khususnya nilai toleransi yang dianggap sebagai pedoman dasar dalam membentuk karakter bangsa Indonesia yang multirasial. Dalam konteks ini, penulis menekankan pentingnya menanamkan nilai toleransi sejak usia dini melalui pendidikan anak usia dini yang menekankan pada lingkungan belajar yang positif dan kematangan tumbuh kembang anak sesuai kelompok usia. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif deskriptif yaitu menggambarkan dan menjabarkan hasil dari penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti. Hal tersebut sangat tepat digunakan dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui bagaimana cara guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di TK Sejahtera Citeko Kecamatan Plered. Sikap toleransi sangat penting dalam mewujudkan kehidupan sosial sekolah yang bermoral. Perencanaan pembelajaran yang dibuat harus disesuaikan dengan kebutuhan anak dan lingkungan serta media yang tersedia di sekolah tersebut. Guru harus mencari metode dan media pembelajaran yang sesuai untuk membantu mengembangkan perkembangan anak usia dini. Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki kekurangan pada proses pembelajaran.
Copyrights © 2023