PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial

Merli Oktapiani (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon)
Laelasari Laelasari (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon)
M Dadan Sundawan (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dalam menyelesaikan soal dengan cara memahami suatu masalah, menyusun rencana, menyelesaikan masalah dan membuat kesimpulan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa SMP pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII di salah satu SMP yang berada di wilayah kabupaten Cirebon yang memiliki kemampuan awal matematis (KAM) tinggi, sedang dan rendah masing-masing berjumlah dua siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, dan angket self-confidence. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan memberikan soal tes, angket, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematis (KAM) tinggi diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematis danĀ  self-confidence sedang. Kemampuan awal matematis (KAM) sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis sedang dan rendah, self-confidence yang sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan kategeori kemampuan awal matematis (KAM) rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah, self-confidence yang sedang dan rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...