JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang Kubus dan Balok Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas II

Desi Nursyifa Ramdhani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ilmi Annisa Khairani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syifa Dilla Khansa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Komariah Komariah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara siswa belajar geometri di SDN 3 Rancaekek. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dan digunakan untuk mengetahui permasalahan siswa kelas II. Data ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan bantuan literature review, peneliti memahami masalah yang diteliti. Peneliti menggunakan majalah nasional, buku tematik dan artikel ilmiah sebagai sumber literatur. Berdasarkan hasil yang diperoleh, tergantung kondisi pembelajaran di sekolah, guru menggunakan metode yang berbeda-beda saat pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Namun, keterbatasan ruang di sekolah mempengaruhi banyak anak yang tidak mengetahui cara membandingkan bentuk kubus dan balok. Untuk itu kami menawarkan solusi dan kemudahan melalui pembuatan material beton untuk siswa kelas 2 SDN 03 Rancaekek. Sebagai media beton misalnya ada karton dan balok yang berbentuk kubus

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...