JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Optimalisasi Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Perak Jombang Melalui Pelatihan Karya Ilmiah

Mu’minin Mu’minin (Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP PGRI Jombang)
Siti Maisaroh (Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Pelatihan penulisan karya ilmiah bertujuan membantu guru MI Sunan Giri Gadingmangu Perak Jombang memahami cara menyusun materi secara sistematis dan logis, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran dengan lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh siswa. Pelatihan penulisan karya ilmiah, guru akan diajarkan cara menulis yang baik dan benar, mulai dari penggunaan tata bahasa hingga penyusunan kata-kata yang efektif. Metode ini membantu peserta pelatihan dalam memahami materi dan menerapkannya dalam latihan praktis. Penggunaan template atau panduan penulisan karya ilmiah dapat membantu peserta pelatihan dalam mengorganisir tulisan dan memudahkan penulisan. Studi kasus atau contoh karya ilmiah yang sukses dapat menjadi inspirasi bagi peserta pelatihan dalam menulis karya ilmiah. Pelatihan ini juga menggunakan contoh karya ilmiah yang relevan dengan bidang ilmu atau disiplin ilmu tertentu sesuai bidang keilman. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa melalui pelatihan dan pendampingan, penulisan karya ilmiah menjadi salah satu metode efektif untuk meningkatkan profesionalisme guru MI Saunan Giri Gadingmangu Perak Jombang, Terbukti dengan keberhasilan sejumlah 12 guru yang berhasil mengirimkan artikel ilmiah ke jurnal sebanyak 7 guru meskipun masih perlu merevisi karya ilmiah agar memenehi syarat. Oleh karena itu, disarankan agar kegiatan serupa terus dilaksanakan dan kualitas pelatihan serta pendampingan ditingkatkan agar lebih efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...