Penelitian ini adalah penelitian penggunaan media pembelajaran berupa kincir angin sederhana berbasis STEAM di kelas IV di SDN 146 Gumuruh. Penelitian ini adalah solusi dari permasalahan pendidik tentang penggunaan media pembelajaran pada kurikulum Merdeka dalam menghadapi tuntutan abad 21. Diharapkan siswa mempunyai pengetahuan dan keterampilan STEAM serta bisa mendorong perkembangan peserta didik untuk mengolah ilmu yang didapat dari proses pembelajaran. STEAM adalah pendekatan pembelajaran multidisiplin yang terintegrasi untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan terwujudnya tujuan kurikulum merdeka yang telah dirancang sesuai dengan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kincir angin sederhana berbasis STEAM di kelas IV SDN 146 Gumuruh kota Bandung. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kincir angin sederhana berbasis STEAM; 2) Mendeskripsikan produk akhir media pembelajaran kincir angin sederhana berbasis STEAM. Penelitian ini subjek penelitiannya adalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan produk akhir berupa kincir angin untuk kelas IV Sekolah Dasar yang dilengkapi dengan LKPD dan soal evaluasi.
Copyrights © 2023