Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran berupa alat penjernih air sederhana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 146 Gumuruh. Pada pembelajaran Tema 8 Subtema 3 mata pelajaran IPA mengenai daur air para siswa bisa menyaksikan secara langsung Bagaimana suatu proses air menjadi jernih kembali dengan alat pencernaan air sederhana yang digunakan dengan memanfaatkan botol bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berupa alat penjernih air sederhana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 146 Gumuruh. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa alat penjernih air sederhana dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 146 Gumuruh pada Tema 8 Subtema 3 dengan muatan pelajaran IPA. Pada hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa kelas V mengalami peningkatan dari kategori rendah pada siklus I dengan skor rata-rata2,96 ke kategori tinggi pada siklus II dengan skor rata-rata 3,66.
Copyrights © 2023