Kesulitan belajar pada siswa dapat disebabkan oleh gangguan perilaku, gangguan dengan ketidakstabilan emosi dapat memberikan risiko yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi sebagai primer, dan studi literatur sebagai sekunder. Dengan metode deskriptif kualitatif, merumuskan suatu masalah dalam penelitian untuk menggambarkan suatu situasi secara luas, mendalam, dan merinci. Pada proses pembelajaran, pasti akan selalu ada masalah yang muncul walaupun sebaik apapun meskipun telah merancang dan menciptakan kelas yang positif. Maka yang perlu dilakukan oleh guru yaitu untuk memiliki alternatif cadangan sebagai strategi dalam mengelola kelas. ketidakstabilan emosi dapat menyebabkan risiko yang cukup tinggi. Ketika seseorang memiliki tekanan-tekanan eksternal dan internal cukup besar, maka kemampuan dalam mengatasi masalah akan terjadi gangguan. Peran seorang guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab agar dapat mengembangkan setiap siswa di sekolah
Copyrights © 2023