JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Brand Image dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Make-Up Artist Pada Kis Make-Up Medan

Prista Dwi Hartini (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Melisa Zuriani Hasibuan (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Toni Hidayat (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kis Make-Up Medan yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Make-Up Artist Pada Kis Make-Up Medan secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana instrument dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Kis Make-Up dan sampelnya berjumlah 64 responden. Data diolah menggunakan SPSS versi 29.0. Teknik analisis data yag digunakan adalah Regresi Linear Berganda, dengan : Y = 1,214 + 0,571 X1 + 0,459 X2. Pernyataan ini dibuktikan hasil analisis diperoleh nilai thitung untuk variabel Brand Image (X1) sebesar 9.692 dengan nilai sig 0,000<0,05 maka thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel atau 9.692>1.670. Nilai nilai thitung Social Media Marketing adalah 5,950 > 1,670 dengan taraf signifikan 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji pasrsial (uji t) menunjukkan bahawa Brand Image (X1) dan Social Media Marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Penggunaan Jasa (Y). Berdasarkan hasil uji simultan (uji f) diperoleh nilai fhitung adalah 137.965 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai F hitung 137.965 > F tabel 3.15 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen Brand Image (X1) dan Social Media Marketing (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Keputusan Penggunaan Jasa (Y). Berdasarkan uji koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0.819 . Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel Brand Image (X1) dan Social Media Marketing (X2) terhadap variabel Keputusan Penggunaan Jasa (Y) adalah sebesar 81,9%, sedangkan sisanya sebesar 0.181 atau 18,1% dipengaruhi variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...