JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Harga, Inovasi Produk dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Aura Keripik Bandar Labuhan Kab. Deli Serdang

Dilla Putri Sisca Dewi (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Melisa Zuriani Hasibuan (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Toni Hidayat (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukkan di Aura Keripik Bandar Labuhan Kab. Deli Serdang yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Inovasi Produk, dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aura Keripik Bandar Labuhan Kab. Deli Serdang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana penulis membagikan kuesioner untuk pengumpulan data dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 563 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling yang berjumlah 85 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang digunakan dengan rumus statistik berupa uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik (terdiri uji normalitas, uji heterokedastisitas dan multikolinearitas), analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (terdiri uji T, uji F dan uji R) dengan menggunakan program SPSS versi 29.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh harga terhadap pengambilan keputusan pembelian pada Aura Keripik Bandar Labuhan Kab. Deli Serdang, hal ini diketahui nilai thitung variabel harga sebesar 7,277 yang dibandingkan sebesar 1,66388 maka 7,277>1,66388 yang berarti variabel harga memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian. Selain itu ada pengaruh inovasi produk terhadap pengambilan keputusan pembelian pada Aura Keripik Bandar Labuhan Kab. Deli Serdang, hal ini diketahui nilai thitung variabel inovasi produk sebesar 13,125 yang dibandingkan sebesar 1,66388 maka 13,125>1,66388 yang berarti variabel inovasi produk memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian. Selanjutrnya ada pengaruh kemasan terhadap pengambilan keputusan pembelian pada Aura Keripik Bandar Labuhan Kab. Deli Serdang, hal ini diketahui nilai thitung variabel inovasi produk sebesar 3,114 yang dibandingkan sebesar 1,66388 maka 3,114>1,66388 yang berarti variabel kemasan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian. Selanjutnya ada pengaruh harga, inovasi produk dan kemasan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Aura Keripik Bandar Labuhan Kab. Deli Serdang, hal ini diketahui dari nilai Fhitung = 153,031 yang dibandingkan Ftabel sebesar 2,712 maka 153,031>2,712 yang artinya variabel harga, inovasi produk dan kemasan secara simultan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) atau berpengaruh positif dengan variabel keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...