JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Distribusi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT JNE Medan Johor

Nindy Luffita Lubis (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Melisa Zuriani Hasibuan (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Toni Hidayat (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertutujuan untuk mengetahui pengaruh distribusi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT JNE Medan Johor . populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan PT JNE Medan Johor sebesar 580 responden dengan batas toleransi sebesar 10% yang di hitung dengan rumus slovin maka diperoleh jumlah sampel 86 pelanggan dengan penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner yang diberikan kepada responden. Data diolah menggunakan SPSS 29.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah uji validitas dan reliabilitas , uji asumsi klasik (uji normalitas ,uji heterokedastisitas,dan uji multikolineritas) , analisis regresi linier berganda Y = 1.070 + 0,422X1 + 0,147X2 dengan artinya distribusi dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan , dan uji hipotesis ( uji T, uji F, uji R) hasil uji T diperoleh Diperoleh nilai thitung Distribusi adalah 7,801 > ,663 dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak nilai thitung Kualitas Pelayanan adalah 2,310 > 1,663 dengan taraf signifikan 0,023 < 0,05 Ho diterima dan Ha ditolak maka Distribusi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT JNE Medan Johor , hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 49,332 > Ftabel 3,11 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho di terima Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan distribusi dan kualitas produk secara berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dapat diterima atau terbukti, hasil uji R2 diperoleh nilai 0,543 atau dengan persentase 54,3% artinya bahwa distribusi dan kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasn pelanggan , sedangkan sisanya 45,7% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...