Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni

PENGARUH MEDIA TRADISIONAL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS TEORI PENDIDIKAN JOHN DEWEY

Riska Putri Taupik (Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Universitas Negeri Padang)
Irdamurni Irdamurni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian didasarkan pada rendahnya kreatifitas siswa Sekolah Dasar dalam mengikuti pembelajaran terkhususnya pada IPA. Menurut John Dewey progresivisme merupakan sebuah aliran filsafat yang berorientasi ke depan yang memposisikan manusia (peserta didik) sebagai salah satu subjek pendidikan yang memiliki bekal dan potensi dalam pengembangan dirinya dan memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran tradisional berbasis model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreatifitas siswa sekolah dasar di SDN 03 Koto Salak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperiment Design. Populasi riset ini terdiri atas lima sekolah di gugus II Koto Salak dan sampel penelitian dipilih dengan teknis random sampling setelah data dipastikan normal dan homogen. Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Koto Salak dengan pembagian kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontol, yang masing-masingnya berjumlah 19 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji-t untuk pengujian hipotesis. Rata-rata pretest untuk kelompok eksperimen adalah 49,84 dan post test setelah pemberikan perlakuan sebesar 82,63. Sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan nilai pre test 53,21 dan besaran post test adalah 71,1. Selanjutnya dilakukan uji-t diperoleh nilai thitung > ttebel, yaitu 3,842 > 2,028, sehingga H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...