Jurnal Pendidikan
Vol 32, No 2 (2023)

Penerapan Media Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Elah Nuraena (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Iis Nurasiah (Unknown)
Irna Khaleda Nurmeta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengethui kemampuan berhitung permulaan pada anak kelas 1 SD Babakan panjang pada tahun ajaran 2022/2023 melalui permainan tradisional congklak. Observasi sementara yang dilakukan menunjukan bahwa masalah tersebut muncul karena penerapan metode yang konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan antara peneliti dan teman sejawat. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif komparatif dan kritis. Penelitian dilakukan di SD Negeri Babakanpanjang dengan subyek penelitian 26 anak. Hasil dari penelitian penerapan permainan congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak, pra siklus 36% siklus satu 57%, siklus dua 82%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak sampai 82%. Kata-kata Kunci:  peningkatan kemampuan berhitung, permainan congklak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...