Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 3 (2023): EduTIK : Juni 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang

Julius Sasukul (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Parabelem Tinno Dolf Rompas (Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonayang. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model pre-test – pos-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan popoluasi lalu dibagi dalam 2 kelas secara random dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen 1 kelas sebagai kelas konrol. Hasil penelitian ini menunjukan Sebelum melaksanakan proses pembelajaran terlebih dahulu dilakukan tes awal (pre-test) untuk mengetahui kemampuan awal siswa, perbedaan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol dan pre-test kelas eksperimen yaitu 28,864 dan 31,591. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan awal pada kedua kelas tersebut sebelum menerima perlakuan tidak memiliki perbedaan yang berarti. Setelah mendapat nilai awal dari hasil pre-test kedua kelas dalam penelitian, selanjutnya dilakukan proses pembelajaran dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. terdapat perbedaan antara hasil post- test kelas kontrol dan hasil post-test kelas eksperimen yaitu 75,682 dan 86,364. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji beda rata-rata dua pihak, diperoleh nilai thitung lebih besar daripada ttabel (4,229 > 2,018). Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. sehingga dapat disimpulkan yaitu pembelajaran yang diberikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis maslah berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...