EDUSAINS
Vol. 12 No. 1 (2023): Januari 2023

Pengembangan Komik Webtoon Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Siswa SMA: Development of Webtoon Comics as Learning Supplements for Human Circulatory System Materials for High School Students

Siti Khoiriah (Universitas Jambi)
Afreni Hamidah (Universitas Jambi)
Mia Aina (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui respon pengguna komik Webtoon sebagai suplemen pembelajaran materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMA kelas XI MIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMAN 13 Kota Jambi pada 17 September 2021. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan sebelum diuji cobakan. Selanjutnya data untuk respon pengguna diperoleh dari angket yang disebarkan kepada 6 orang siswa kelompok kecil, dan 30 orang siswa kelompok besar dan 1 guru bidang studi melalui google formulir. Hasil penelitian menunjukkan persentase proses validasi media dan materi diperoleh persentase validasi tahap I media yaitu 63% dalam kategori “baik” dan materi 38% dalam kategori “tidak baik”, kemudian pada tahap II media yaitu 86,25% dan materi 83% dalam kategori “sangat baik. Penilaian respon guru menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 91,67%. Hasil analisis data ujicoba kelompok kecil menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik”dengan persentase 88,61%. Dan dari hasil analisis data ujicoba kelompok besar menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 86,38%. Dari hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa komik Webtoon yang dikembangkan dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published twice a year e-ISSN 2503-2275 online writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners' writing and research results and teaching in the field of education. ...