Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1 (2023): Juni

PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMKS POOPO

Jerry Wuisang (Universitas Negeri Manado)
Iwan Kandori (Universitas Negeri Manado)
Ariva Maramis (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kelas XI Di SMKS Poopo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A dan XI B yang berjumlah 50 siswa dan sampel penelitian berjumlah 44 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik kuisioner (angket). Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis regresi liner sederhana, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi Y =23,093 + 0,342 X1 + 0,346 X2. Dapat diartikan bahwa, besarnya minat belajar siswa sebesar 23,093 dilihat dari nilai konstan. Disiplin akan meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,342 dengan asumsi variabel konstan, sedangkan lingkungan keluarga akan meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,346 dengan variabel konstan. Kata Kunci : Disiplin, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar Siswa ABSTRACT This study aims to determine the effect of discipline and family environment on student interest in office administration subjects for class XI at Smks Poopo. The population in this study were students of class XI A and XI B, which amounted to 50 people and the research sample was 44 students. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire). The analysis technique in this study is the method of simple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis using the T test and F test. Based on the results in this study also obtained the regression equation Y = 23.093 + 0.342 X1 + 0.346 X2. It can be interpreted that the amount of student interest in learning is 23,093 seen from the constant value. Discipline will increase students' interest in learning by 0.342 assuming constant variables, while the family environment will increase student interest in learning by 0.346 with constant variables. Keywords: Discipline, Family Environment, Student Interests

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...