JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Konsep dan Dampak Pemanasan Global Fase E SMA/MA

Sonnya Camelia (Universitas Negeri Padang)
Mawardi Mawardi (Universitas Negeri Padang)
Okta Suryani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi konsep dan dampak pemanasan global fase E SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp dengan jenis penelitian Educational Design Research (EDR). Tahapan penelitian ini dilakukan hingga tahap prototyping phase pada uji small group. Pelaksanaan uji validitas dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNPA dan dua orang guru kimi SMAN 8 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia SMAN 8 Padang dan Sembilan orang peserta didik fase E SMAN 8 Padang. Instrument yang digunakan yaitu angket validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil dari analisis data diperoleh tingkat validitas bahan ajar yang dikembangkan sebesar 0,88 dengan kategori valid dan hasil analisis data praktikalitas guru dan siswa sebesar 90% dan 88%. Hal ini menandakan bahwa bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi konsep dan dampak pemanasan global telah valid dan praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...