Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia
Vol. 9 No. 1 (2023): Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia

Uji Efektivitas Sediaan Gel Biji Muda Pepaya (Carica papaya L.) Terhadap Bakteri Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA)

Radhia Riski (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar)
Ismail Ismail (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar)
Harlyanti Muthma'innah Mashar (Poltekkes Kemenkes Palangka Raya)
Nurfahmi Ruslan (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar)
Michrun Nisa (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar)
Maria Ulfa (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar)
Sitti Rahimah (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar)
Dwi Anggara Putri Usman (Program Sarjana Farmasi Universitas Mega Rezky Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Biji muda pepaya (Carica papaya L.) diketahui memiliki khasiat sebagai antibakteri terhadap bakteri Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dengan adanya kandungan terpenoid, karpain, dan flavonoid sehingga dapat diformulasi menjadi sediaan gel antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sediaan gel ekstrak biji muda pepaya sebagai antibakteri terhadap bakteri MRSA. Ekstrak biji muda pepaya diperoleh dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Uji aktivitas antibakteri ekstrak dibuat dalam 3 seri konsentrasi yaitu 7,5%, 10% dan 15%, kemudian diujikan pada bakteri MRSA. Ekstrak dengan konsentrasi 10% dengan diameter zona hambat 12,1 mm kemudian diformulasi dalam bentuk sediaan gel dengan menggunakan variasi konsentrasi gelling agent, FI (Carbopol 0.5%), FII (Carbopol 1%) dan FIII (Carbopol 2%). Berdasarkan hasil penelitian formula II sebagai formula stabil diuji efektivitasnya sebagai sediaan gel terhadap Methicillin-resistant Staphylococcus aureus dengan hasil diameter zona hambat sebesar 11,34 mm.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmpi

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia merupakan jurnal (Open Journal System) untuk informasi bidang ilmu farmasi yang memuat kajian tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk tulisan ilmiah, studi kepustakaan dan studi empirik. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia telah memiliki ISSN cetak : ...