Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Google Maps: Sebuah Media untuk Meningkatkan Spatial Literacy Siswa Sekolah Dasar

Nur Fadillah (Universitas Negeri Padang)
Yeni Erita (Universitas Negeri Padang)
Ari Suriani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Spatial literacy (berpikir keruangan) adalah salah satu keterampilan abad 21 yang harus diketahui dan dimiliki semua orang. Oleh karena itu, keterampilan ini harus dikembangkan dan diajarkan sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media Google Maps terhadap spasial literacy siswa kelas IV sekolah dasar negeri di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dimana kelas A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran spasial kemudian dianalisis menggunakan pengolahan data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata awal spasial literacy adalah 42,22 untuk kelas eksperimen dan 39,75 untuk kelas kontrol. Setelah berbagai perlakuan dan penalaran spasial akhir, rata-rata kelas eksperimen adalah 73,06 dan kelas kontrol adalah 60,56. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Google Maps berpengaruh dalam meningkatkan spatial literacy siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...