Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 6 No. 1 (2023)

Peran Mental Imagery dalam Membangun Literasi Matematis

Sebastianus Fedi (S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia)
Stefanus Budi Waluya (S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia)
Scolastika Mariani (S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia)
Iqbal Kharisudin (S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia)
Rochmad Rochmad (S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia)
Amin Suyitno (S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Manusia mampu melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam pikirannya, seperti kata Rene Descartes: Cogito Ergo Sum. Segala sesuatu yang ada di dalam pikiran berbentuk bayangan, yang dikenal dengan mental imagery. Manusia menghadapi suatu masalah tergantung pada kemampuan membayangkan faktor-faktor yang berhubungan dengan masalah tersebut. Sementara itu, literasi matematika menuntut kemampuan untuk menerapkan matematika dalam memecahkan masalah sesuai dengan konteks kehidupan. Artikel ini menganalisis peran mental imagery dalam membangun literasi matematis. Metode penelitiannya adalah tinjauan literatur sistematis, terhadap buku atau artikel penelitian terdahulu, untuk menganalisis konsep mental imagery dan literasi matematis serta hubungan keduanya. Pembaca akan mendapat asupan teoretis, yang menjadi landasan ilmiah untuk mengoptimalkan peran mental imagery dalam pembelajaran matematika atau tindakan pendidikan modern.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...