Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 4 No 3 (2023): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), Oktober 2023

Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Fisika Sebagai Calon Guru Terhadap Pembelajaran Berbasis STEM Melalui Kompetensi 4C

Niken Dewi (Universitas Jember)
Friscela Yona Nagifea (Universitas Jember)
Naziroh Faiqohtul Herlia (Universitas Jember)
Nilta Wahyuni (Universitas Jember)
Rif'ati Dina Handayani (Universitas Jember)
Pramudya Dwi Aristya Putra (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Pada abad 21 ini keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity dan Innovation) sangat dibutuhkan. Kompetensi 4C dalam hal ini yaitu komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreativitas dan inovasi merupakan kemampuan untuk menjalani kurikulum 2013. Pendidikan saat ini juga menekankan pada sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Tujuan survey yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara luas tentang pengetahuan mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai calon guru terkait dengan pembelajaran berbasis STEM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan lebih dari 90% mahasiswa pendidikan fisika dalam konsep pembelajaran berbasis STEM sebagai dasar memahami implementasi keterampilan 4C pada abad 21. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mendapatkan pengetahuan secara konsep dasar mengenai pemahaman STEM ketika menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan pembelajaran.

Copyrights © 2023