Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 1 No 1 (2022): Prosiding Pendidikan ekonomi

Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Myob Accounting dalam Pembelajaran Komputer Akuntansi pada Peserta Didik Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Atambua

Mayela Natalia Tahu (Universitas Nusa Cendana)
Jacob Abolladaka (UNDANA)
ari Data (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Salah satu tujuan sekolah formal yakni memprioritaskan mutu kompetensi peserta didik agar menghasilkan tenaga kerja pada tingkatan menengah siap kerja yang mempunyai keahlian, terdidik, penuh kreativitas serta mempunyai pengetahuan lebih pada bidangnya adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor- faktor yang berpengaruh pada kesulitan belajar MYOB Accounting dalam pembelajaran Komputer Akuntansi pada peserta didik Kelas XI AKL. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan observasi wawancara serta dokumentasi. Subjek Penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI AKL SMK Negeri 1 Atambua. Analisis data memakai model Miles dan Huberman. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar MYOB Accounting adalah kesulitan peserta didik dalam mengoperasikan kumputer, kesulitan dalam menginput transaksi ke dalam komputer akuntansi, kurangnya kemampuan bahasa inggris peserta didik dan fasilitas laboratorium komputer yang kurang. Hasil penelitian ini, diharapkan bisa menjadi sumber informasi dan tolak ukur bagi pendidik agar meningkatkan kualitas pengajaran dan untuk peserta didik, diharapkan lebih termotivasi untuk belajar aplikasi MYOB Akuntansi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...