Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE)
Vol. 1 (2022): Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama

Pendidikan Multikultural di Sekolah

Anis Binti Roysatul Mahmudah (Institut Agama Islam Tribakti Kediri, Indonesia)
A. Jauhar Fuad (Institut Agama Islam Tribakti Kediri, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang mempunyai beragam budaya, adat istiadat, ras, suku, etnis, agama dan masih banyak lagi. Oleh sebab inilah masyarakat Indonesia dinilai sangat plural. Budaya yang beragam dengan berbagai ciri dan karakter ternyata menjadikan sebuah problem. Karena kurangnya pemahaman tentang keberagaman. Gesekkan yang menyangkut tentang ras, agama, suku, adat istiadat dan buyada masih terus terjadi dikarenakan lemahnya kesadaran budaya masyarakat. Pendidikan mampu membentuk sikap yang toleransi, saling menghormati, saling menghargai, dengan pembelajaran yang mempunyai visi dan tujuan membiasakan disemua satuan pendidikan. Membentuk dan mengembangkan pendidikan multicultural di sekolah bisa menjadi wilayah yang tepat untuk menjadi wahana pembelajaran pendidikan multicultural di sekolah untuk peserta didik ataupun pendidik karena pendidikan multicultural penting agar peserta didik kelak siap dan sadar menjadi anggota masyarakat yang plural.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psnp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE)- Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri Prosiding dan Seminar Nasional Pendidikan merupakan media publikasi ilmiah yang telah dipresentasikan dalam seminar Nasional yang diadakan oleh Program Pascasarjana Universitas Islam ...