PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Vol 3, No 1 (2023): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS X

Marlina Saptariana (Unknown)
Estu Wijayaningsih (SMAN 5 Kota Serang)
Asep Saefullah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Fifi Fatmawati Rahayu (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ami Aviatin Avivi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Keberagaman peserta didik menjadikan guru harus memfasilitasi pemenuhan kebutuhan belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan teaching at the right level di sebuah SMA Negri di Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XI dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan melihat pada kesiapan belajar dan gaya belajar peserta didik.  Praktik pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan teaching at the right level menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik. Peserta didik mendapatkan perlakuan disesuaikan dengan tingkat kesiapan dan gaya belajarnya sehingga meningkatkan minat dan motivasi dalam belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prediksi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Prediksi (Profesi Pendidikan Indonesia) merupakan jurnal sarana untuk mengkomunikasikan berbagai hasil kegiatan penelitian dan kajian ilmiah yang dilaksanakan secara individu maupun berkelompok oleh dosen, guru, mahasiswa, lembaga pemerhati pendidikan, lembaga negara, dan sejenisnya. Berbagai hasil ...