JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Implementasi PAI dalam Membangun Karakter Religius pada Peserta Didik SMP IT Al Husnayain Mandailing Natal

Nur Azizah Lubis (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Zulhammi Zulhammi (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Hamdan Hasibuan (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius pada peserta didik SMP IT Al Husnayain Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengamati fenomena disekitar dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Metode deskriptif ialah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan, instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius pada pembelajaran Intrakulikuler dilaksanakan di dalam ruang kelas dengan memberikan materi pembelajaran sekaligus menyelipkan nasihat-nasihat atau arahan dan motivasi kepada peserta didik untuk membangun karakter religiusnya di kelas, 2) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius pada pembelajaran Ekstrakulikuler dilaksanakan di luar ruang kelas melalui kegiatan ini peserta didik dapat belajar mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dengan orang lain, disiplin dan khusunya memiliki karakter religius. 3) Faktor pendukung salah satunya ialah adanya saran dan prasarana yang cukup memadai untuk membangun karakter religius pada peserta didik, faktor penghambat salah satunya karena lingkungan si peserta didik yang kurang memiliki karakter religius.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...