Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada Materi SPLDV kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematis: Y=-1,65+1,05 X . Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh Fhitung=1490,19 dengan nilai FTabel=4,13 dengan demikian 1490,19>4,13 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat variabel x mempunyai pengaruh yang kuat dan berarti terhadap variabel Y. Koefisisen korelasi r = 4,090 artinya ada hubungan cukup signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r2 =61,02% yang artinya keberhasilan siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari hasil diatas dapat disimpulkan ada pengaruh pembelaran dengan model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik
Copyrights © 2023