JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement (STAD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan

Jernyta Futri Agustina Hutapea (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Hardi Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Tutiarny Naibaho (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Monica Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Simon M Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Ruth Mayasari Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada Materi SPLDV kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematis: Y=-1,65+1,05 X . Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh Fhitung=1490,19 dengan nilai FTabel=4,13 dengan demikian 1490,19>4,13 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat variabel x mempunyai pengaruh yang kuat dan berarti terhadap variabel Y. Koefisisen korelasi r = 4,090 artinya ada hubungan cukup signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r2 =61,02% yang artinya keberhasilan siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari hasil diatas dapat disimpulkan ada pengaruh pembelaran dengan model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...