JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Hubungan Antara Frekuensi Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kaliasin VII Surabaya

Lailatul Lutfiyah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Muhammad Thamrin Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Afib Rulyansah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Rudi Umar Susanto (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara frekuensi membaca dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia Siswa kelas VB SDN Kaliasin VII Surabaya. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VB yang berjumlah 24 Siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif metode korelasi. Analisis data, yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dan analisis uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi membaca berada pada kategori sedang sebanyak 15 siswa dengan nilai 50 – 70 terhitung persentasenya sebesar 62%, dan 5 siswa pada kategori tinggi dengan nilai > 70, terhitung persentasenya sebesar 21 %. Hasil belajar bahasa Indonesia berada pada kategori sedang sebanyak 16 siswa dengan nilai 57 – 82, terhitung persentase sebanyak 67%, dan 3 siswa pada kategori tinggi dengan nilai > 82 terhitung persentase sebesar 12%. Frekuensi membaca berkorelasi positif yang ditunjukkan dengan uji korelasi Pearson dengan nilai korelasi 0,705. Hasil signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa frekuensi membaca ada hubungan dengan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...