Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara frekuensi membaca dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia Siswa kelas VB SDN Kaliasin VII Surabaya. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VB yang berjumlah 24 Siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif metode korelasi. Analisis data, yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dan analisis uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi membaca berada pada kategori sedang sebanyak 15 siswa dengan nilai 50 – 70 terhitung persentasenya sebesar 62%, dan 5 siswa pada kategori tinggi dengan nilai > 70, terhitung persentasenya sebesar 21 %. Hasil belajar bahasa Indonesia berada pada kategori sedang sebanyak 16 siswa dengan nilai 57 – 82, terhitung persentase sebanyak 67%, dan 3 siswa pada kategori tinggi dengan nilai > 82 terhitung persentase sebesar 12%. Frekuensi membaca berkorelasi positif yang ditunjukkan dengan uji korelasi Pearson dengan nilai korelasi 0,705. Hasil signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa frekuensi membaca ada hubungan dengan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia.
Copyrights © 2023