TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2020): Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Bimbingan kelompok teknik self instruction efektif untuk mereduksi burnout belajar siswa VII SMP Taruna Jaya 1 Surabaya

Prilianinda Prilianinda (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ayong Lianawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Sutijono Sutijono (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas dalam bimbingan kelompok terhadap Burnout belajar siswa kelas VII SMP Taruna Jaya 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design, pada populasi 51 siswa kelas VII. Pada penelitian ini sampel melibatkan 7 siswa kelas VII yang diambil secara purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan diperoleh Asymp. Sig= 0,018 Perbandingan Asymp. Sig = 0,018 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan teknik self instruction dalam bimbingan kelompok terhadap burnout belajar siswa siswa VII SMP Taruna Jaya 1 Surabaya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

JURNAL TERAPUTIK : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling published original manuscripts relating to the following: School Counseling; Psychology Counseling; Career Counseling; Couple, Marriage and Family Counseling; Mental Health; Counseling Supervision; Theory Development; Professional Counseling ...