MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023

Analisis Kesulitan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Berdasarkan Hukum Newton Di SMP Negeri 20 Kupang

Herman Yoseph Boro Nimunuho (Universitas Katolik Widya Mandira)
Alfons Bunga Naen (Universitas Katolik Widya Mandira)
Maria Ursula Jawa Mukin (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Kesulitan hasil belajar ranah kognitif adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menciptakan serta mengevaluasi materi yang telah dijelaskan.Dimensi pengetahuan yang dimaksud disini adalah pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal: faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitf. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kupang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal essai yang berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengetahuan faktualsiswa memiliki nilai rata-rata 66 dengan kategori cukup mengalami kesulitan, pengetahuan konseptual memiliki nilai rata-rata 81 dengan kategori tidak mengalami kesulitan,pengetahuan prosedural memiliki nilai rata-rata 26 dengan kategori sangat mengalami kesulitan, dan pengetahuan metakognitif memiliki nilai rata-rata 47 dengan kategori banyak mengalami kesulitan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MAGNETON

Publisher

Subject

Physics Other

Description

Magneton: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelolah oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) yang terbit 2 kali dalam setahun atau tiap 6 bulan yaitu bulan Januari dan ...