Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD UMP  berdasarkan pada kurikulum 2013 denganpendekatan ilmiah (scientific appoach). Pemahaman di dalam keterampilan dasar mengajar oleh guru masih di rasakan kurang, hal ini terlihat ketika melaksanakan setiap tahapan pendekatan ilmiah (scientific appoach) guru tidak menggunakan keterampilan dasar mengajar, akan tetapi lebih ke taktik mengajar, artinya bagaimana gaya guru tersebut dalam mengajar, permasalahan tersebut terjadi juga pada guru-guru di Sekolah Dasar UMP. Oleh karena itu pentingnya pemahaman dalam melaksanakan keterampilan dasar mengajar bagi guru khususnya di dalam penerapan pembelajaran kurikulum 2013 menjadi dasar di adakannya pelatihan penerapan ketrampilan Dasar Mengajar di dalam Mengefektifkan Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di Sekolah Dasar UMP. Pelatihan ini diharapkan guru dapat mengimplementasikan 8 keterampilan mengajar di SD UMP ini sesuai dengan kondisi kelas yang diajarnya. Pelatihan dilaksanakan di SD UMP, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi dan pembimbingan tentang materi penerapan 8 keterampilan dasar mengajar pada kurikulum 2013. Pelatihan ini cukup berhasil, para guru menjadi lebih paham tentang penerapan 8 keterampilan dasar mengajar pada kurikulum 2013 di SD, namun demikian mereka masih memerlukan bimbingan secara terus menerus. Kata Kunci : Kurikulum 2013, 8 keterampilan mengajar
Copyrights © 2015