Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku III Bidang Ilmu Kesehatan dan Sains Teknik, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 26 Se

KORELASI ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP IKLAN PADA KESEHATAN REPRODUKSI JASA PERENCANAAN GENERATION (GENRE) MAHASISWA KEBIDANAN SEMESTER KEDUA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Achyar, Khamidah ( Program Studi Kebidanan DIII Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jl. Supardjo Rustam Km.7 PO BOX 229 Purwokerto 53181 Telp. (0281)6844253)
Rofiqoh, Isnaeni ( Program Studi Kebidanan DIII Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jl. Supardjo Rustam Km.7 PO BOX 229 Purwokerto 53181 Telp. (0281)6844253)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Jumlah penduduk remaja usia 16–24 berdasarkan Kemenkes tahun 2011 menunjukan bahwa pengguna NAPZA terdiri dari pelajar 5.484 kasus dan mahasiswa 4.055 kasus, sedangkan untuk kasus AIDS 49,5% diantaranya adalah kelompok usia 20–29 tahun. Pendekatan  yang  dilakukan oleh pemerintah melalui Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui pengembangan program GenerasiBerencana (GenRe), sebagai respon dalam penanggulangan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap dengan iklan layanan kesehatan reproduksi tentang GenRe mahasiswa semester II  Program Studi DIII Kebidanan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Pendekatan yang diggunakan analitik observasional dengan desain Crossectional. Jumlah responden 62. Hasil penelitian ini responden dengan pengetahuan dan terpapar media kesehatan reproduksi berturut-turut sebanyak 7 kurang, 22 cukup dan 17 baik. Responden yang memiliki sikap yang kurang dan terpapar dengan media/iklan layanan kesehatan yaitu sebanyak 1 responden,  yang  memiliki sikap cukup dan terpapar dengan media/ilkan layanan kesehatan sebanyak 41 responden. Hasil analisis chi square tidak ada hubungan signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan media iklan layanan kesehatan reproduksi. Pengetahuan dan sikap tidak berhubungan dengan  media iklan layanan Genre kesehatan reprodukasi. Kata Kunci: Generasi Berencana,  Kesehatan Reproduksi, Pengetahuan, Sikap

Copyrights © 2015